Senin, 17 Juni 2019

TUGAS PBDK SEMESTER II (DUA) C

MATERI KONSEP SPIRITUAL

Deskripsi Tugas
A. Kerjakan Tugas ini sesuai dengan nomor urut absen
B. Cara mengerjakan tugas langsung di kolom KOMENTAR
C. Tidak diperkenankan copy paste langsung dari punya teman yang sudah mengerjakan lebih dahulu
D. Waktu mengerjakan Tugas maksimal 24 Jam setelah Tugas ini di share kepada PJMK Kelas



BAGAIMANA PERKEMBANGAN SPIRITUAL PADA MASING-MASING KELOMPOK UMUR DIBAWAH INI:
1. Bayi & Toddler (0-2 th)
2. Prasekolah (3-6th)
3. Usia sekolah (6-12th)
4. Remaja (12-18th)
5. Dewasa awal (18-25th)
6. Dewasa pertengahan (25-38th)
7. Dewasa akhir (38-65th)
8. Lansia (>65th)
9. Bayi & Toddler (0-2 th)
10. Prasekolah (3-6th)
11. Usia sekolah (6-12th)
12. Remaja (12-18th)
13. Dewasa awal (18-25th)
14. Dewasa pertengahan (25-38th)
15. Dewasa akhir (38-65th)
16. Lansia (>65th)  
17. Bayi & Toddler (0-2 th)
18. Prasekolah (3-6th)
19. Usia sekolah (6-12th)
20. Remaja (12-18th)
21. Dewasa awal (18-25th)
22. Dewasa pertengahan (25-38th)
23. Dewasa akhir (38-65th)
24. Lansia (>65th)
25. Bayi & Toddler (0-2 th)
26. Prasekolah (3-6th)
27. Usia sekolah (6-12th)
28. Remaja (12-18th)
29. Dewasa awal (18-25th)
30. Dewasa pertengahan (25-38th)
31. Dewasa akhir (38-65th)
32. Lansia (>65th)
33. Bayi & Toddler (0-2 th)
34. Prasekolah (3-6th)
35. Usia sekolah (6-12th)
36. Remaja (12-18th)
37. Dewasa awal (18-25th)
38. Dewasa pertengahan (25-38th)
39. Dewasa akhir (38-65th)
40. Lansia (>65th)
41. Bayi & Toddler (0-2 th)
42. Prasekolah (3-6th)
43. Usia sekolah (6-12th)
44. Remaja (12-18th)
45. Dewasa awal (18-25th)
46. Dewasa pertengahan (25-38th)
47. Dewasa akhir (38-65th)
48. Lansia (>65th)

 --------------------SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA SUKSES----------------------

45 komentar:

  1. Nama :Iha zuliana kamisatun
    Nim :18112149109
    Kelas:C

    14.Dewasa Pertengahan 25-38
    Dalai tahap ini,mereka sudah merencanakan kehidupan,sudah benar benar mengetahui konsep yang benar dan yang salah,mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan terhadap kepercayaan dan nilai spiritual.

    BalasHapus
  2. Nama : Sitta Nurlailatul Fadhilah
    Kelas: C
    Nim : 18.11.2.149.134


    Perkembangan spiritual pada anak masa pra sekolah (3-6 tahun) berhubungan erat dengan kondisi psikologis dominannya yaitu super ego.
    Anak usia pra sekolah mulai memahami kebutuhan sosial, norma, dan harapan, serta berusaha menyesuaikan dengan norma keluarga. Anak tidak hanya membandingkan sesuatu benar atau salah, tetapi membandingkan norma yang dimiliki keluarganya dengan norma keluarga lain. Kebutuhan anak pada masa pra sekolah adalah mengetahui filosofi yang mendasar tentang isu-isu spiritual. Kebutuhan spiritual ini harus diperhatikan karena anak sudah mulai berfikiran konkrit. Mereka kadang sulit menerima penjelasan mengenai Tuhan yang abstrak, bahkan mereka masih kesulitan membedakan Tuhan dan orang tuanya
    Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanbahan: Anak prasekolah cenderung mengekspresikan emosinya dengan
      bebas dan terbuka, sikap marah, iri hati pada anak prasekolah sering terjadi, mereka seringkali memperebutkan perhatian guru atau orang dan umumnya sudah terampil dalam berbahasa :)

      Hapus
  3. Nama : dimas setya putra
    Nim : 18112149102
    Kelas : C
    8. Lansia (>65th)
    Permasalahan yang hadapi oleh lansia yang terkait dengan masalah pekembangan spiritual
    1. kesulitan untuk menghafal kitab suci karena daya ingat yang mulai menurun,
    2. merasa kurang tenang ketika mengetahui anggota keluarganya belum mengerjakan ibadah
    3. merasa gelisah ketika menemui permasalahan yang cukup serius.
    4. rasa ingin berkumpul dengan keluarga sangat kuat sehingga tingkat perhatian beliau menjadi sangat besar
    5. Apabila melihat cucu atau anaknya kurang aktif dalam melakukan pekerjaanya, maka tingkat emosi meningkat, terbukti bahwa beliau segera menegur cucu atau anaknya tersebut agar lebih cekatan.
    6. Sering marah apabila ada sesuatu yang kurang sesuai dengan kehendak pribadi dan sering stress akibat masalah ekonomi yang kurang terpenuhi

    :) :) :)

    BalasHapus
  4. Perkembangan pada masa remaja usia 12sampai18 tahun Definisi Perkembangan manusia dimuali dari suatu proses sepanjang kehidupan dari mulai pertumbuhan dan perubahan fisik, perilaku, kognitif,emosional. Sepanjang proses ini, tiap individu mengembangkan sikap dan nilai yang mengarahkan pada pilihan, hubungan, dan pengertian

    BalasHapus
  5. Nama : susilowati ningtyas
    Nim : 18112149136
    Kelas : c

    Perkembangan spiritual pada remaja (12-18th) mulai memahami spiritual pada dirinya sendiri sudah mulai mencari jati diri memperbaiki diri dengan giat beribadah dan banyak pada usia remaja yang kurang memahami perkembangan spiritual banyak remaja yang kurang peduli terhadap sosial terhadap keluarga dan orang di sekitarnya karena remaja berfikir pada usia (12-18th) adalah usia dimana mencari jati dirinya

    BalasHapus
  6. Nama :Alfin Ashari Millenia
    Kelas :C
    Nim :18112149096

    2.pra sekolah (3-6 THN)
    masa ini the gold yers,hal yang perlu diperhatikan orang tua adalah memberikan pengarahan dan mengajarkan tentang spiritual karena pada masa ini anak mulai berfikir konkrit, memahami dan berusaha menyesuaikan dengan spiritual yang ada di lingkungannya terutama pada lingkup keluarganya sendiri.

    BalasHapus
  7. Nama : Wahyu Ameliya
    Kelas : C
    NIM : 18112149139

    39.Dewasa akhir (38-65 tahun)
    Periode perkembangan spiritual pada tahap ini digunakan untuk instropeksi dan mengkaji kembali dimensi spiritual, kemampuan intraspeksi ini sama baik dengan dimensi yang lain dari diri individu tersebut. Biasanya kebanyakan pada tahap ini kebutuhan ritual spiritual meningkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf bu hanim saya salah nomor absen.

      Hapus
  8. Nama : Ima Nuria Aeni
    Kelas : C
    Nim : 18112149110



    15. Dewasa akhir (38-65 tahun)
    Masa Periode perkembangan spiritual padap tahap ini digunakan untuk mengintropeksi diri dan menyesuiakan dirinya. Mengintropeksi diri dalam tahap ini dimaksudkan mengamati diri sendiri atau mengungkapkan pemikiran yang disadari. Kemampuam Intropeksi diri ini sama baiknya dengan dimensi yang lain dari individu tersebut dan biasanya dalam tahap ini kebutuhan spiritual dari diri individu meningkat.

    :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan

    1. Unknown17 Juni 2019 03.18
      Tambahan sedikit mengenai dewasa akhir..
      Disamping permasalahan dari diri sendiri dewasa akhir juga akan mengalami perubahan fisik, psikologisnya, perkembangan intelektual dalam lambatnya gerak motorik dan juga pencarian makna hidup selanjutnya.
      Terima kasih :D

      Hapus
  9. Nama :Nur Mahmudi Fatchul Huda
    Kelas:C
    NIM :18112149125

    26. Pra sekolah(3-6thn)
    Pada masa pra sekolah (3-6thn) ini berhubungan erat dengan kondisi psikologis dominannya yaitu super ego.Pada Masa ini anak mulai memahami kebutuhan sosial, norma dan harapan, serta berusaha menyesuaikan dengan norma keluarga. Anak tidak hanya membandingkan benar atau salah tetapi juga membandingkan norma keluarganya dengan norma keluarga lain. Kebutuhan anak pada masa pra sekolah adalah mengetahui filosofi yang mendasar tentang isu spiritual. Anak sudah mulai berfikir konkrit, sulit menerima penjelasan tentang Tuhan yang abstrak, susah membedakan tuhn dengan orang tuanya.

    BalasHapus
  10. Nama : Salsabilla alifiah tania putri
    Nim : 18.11.2.149.130
    Kelas : C

    31) Dewasa akhir (38-65th)
    Perkembangan spiritual dalam tahap ini digunakan untuk introspeksi dan mengkaji kembali dimensi spiritual, biasanya kebanyakan pada tahap ini kebutuhan ritual spiritual meningkat. Orang-orang yang berada pada tahap ini yang lebih dekat dengan agama, biasanya akan mempersiapkan diri untuk kematian yang biasanya akan lebih sering beribadah, dan biasanya yang jauh dari ajaran agama akan lebih mempersibuk diri dengan urusan duniawi. Jadi orang-orang yang berada dalam tahap ini, akan lebih menemukan arti dan tujuan hidupnya.
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  11. Tambahan sedikit mengenai dewasa akhir..
    Disamping permasalahan dari diri sendiri dewasa akhir juga akan mengalami perubahan fisik, psikologisnya, perkembangan intelektual dalam lambatnya gerak motorik dan juga pencarian makna hidup selanjutnya.
    Terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf bu hanim ini punya saya ima nuria aeni untuk komentar yang ini salah bu 🙏 komentar ini sebenarnya itu lanjutan dari komentar saya yang di atas bu :D
      Terima kasih :D

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Nama : Lailatul Rizkiyah
    Nim : 18.11.2.149.114
    Kelas : C

    Prasekolah(3-6th)
    Selama usia prasekolah anak-anak menyerap beberapa nilai dan keyakinan orang tua mereka. Sikap orang tua terhadap kode moral dan keyakinan beragama, menyampaikan kepada anak tentang apa yang mereka anggap baik dan buruk. Pada usia ini anak-anak masih meniru prilaku dan mengikuti keyakinan orang tua sebagai bagian dari kehiduan mereka sehari-hari bukan atas dasar pemahaman mengenai konsep dasarnya. Melalui cara meniru keprcayaan orang dewesa,anak kemuadian berhasil merangsang,membentuk, menyalurkan dan mengarahkan perhatian spontan serta gambaran intuitif dan proyektifnya pada ilahi.

    BalasHapus
  14. Nama : Nabila Roudlotul Jannah
    Nim : 18.11.2.149.121
    Kelas : C

    Usia sangat berpengaruh pada perkembangan spiritual mereka. Pada usia lansia perkembangan spiritual ini bisa saja semakin menurun mengingat bahwa kesehatan fisik pada usia ini berkurang,tetapi bisa saja perkembangan spiritualnya meningkat dikarenakan motivasi untuk ibadahnya semakin meningkat.Mereka termotivasi untuk melaksanakan ibadah dengan rajin dan lebih baik karena usia yang sudah tua dan kondisi fisik yang sudah lemah. Mereka merasa memerlukan bekal untuk menghadapi kematian nanti.


    BalasHapus
  15. Nama : subianto
    Nim : 18.11.2.149.135
    Kelas :C

    Usia sekolah (6-12th)
    Menurut saya anak usia 6-12th sudsh berfikir secara konkrit, tetapi mereka sudah dapat menggunakan konsep abstrak untuk memahami gambaran dan makna spriritual dan agama mereka. Minat anak sudah mulai ditunjukan dalam sebuah ide, dan anak dapat diajak berdiskusi dan menjelaskan apakah keyakinan. Orang tua dapat mengevaluasi pemikiran sang anak terhadap dimensi spiritual mereka.

    BalasHapus
  16. Nama : Ririn Agustianingsih
    NIM : 18112149128
    Kelas : C

    29. Dewasa Awal (18-25)
    Pada tahap ini individu menjalani proses perkembangannya dengan melanjutkan pencarian identitas spiritual,memikirkan untuk memilih nilai dan kepercayaan mereka yang dipelajari saat kanak-kanak dan berusaha melaksanakan sistem kepercayaan mereka sendiri. Spiritual bukan merupakan perhatian utama pada usia ini, mereka lebih banyak memudahkan hidup walaupun mereka tidak memungkiri bahwa mereka sudah dewasa.

    BalasHapus
  17. Nama :siti kholifah
    Nim :18.11.2.149.132
    Kelas:c

    32.lansia>65 th
    Perkembangan spiritual(keagamaan) sangat berperan memberikan ketenangan batin
    Pada periode lanjut usia, terjadi berbagai penurunan kemampuan berpikir.
    Mereka juga lebih banyak mengingat masa lalu dan sering kali melupakan apa yang
    baru diperbuatnya. Kemampuan untuk memusatkan perhatian, berkonsentrasi dan
    berpikir logis menurun,
    1. Problem psikologi lansia yaitu kecemasan dan ketakutan, cenderung emosional, banyak
    bercerita, kesepian, dukacita dan depresi 2.Sedangkan problem spiritual
    yang dialami lansia yaitu kurang dalam pengharapan, memiliki arti
    dan tujuan hidup yang kurang, menolak berinteraksi dengan tokoh agama, tidak mampu beribadah, tidak mampu berpartisipasi dalam
    aktifitas agama.

    BalasHapus
  18. Nama : Isma Nur Fitriani
    Kelas : C
    NIM : 18.11.2.149.111

    16. Lansia (>65 tahun)
    ✓Perkembangan Spiritual pada Lansia Usia (>65 tahun)
    Kebanyakan lansia lebih meningkatkan nilai spiritual mereka karena mengingat usia yang sudah tua dan akan mendekati kematian, mereka berharap ibadah mereka diterima, diampuni segala dosa, selamat dunia maupun akhirat. Mereka termotivasi untuk melaksanakan ibadah dengan rajin dan lebih baik karena usia yang sudah tua dan kondisi fisik yang sudah lemah. Mereka merasa memerlukan bekal untuk menghadapi kematian nanti.


    😊😊

    BalasHapus
  19. Nama : Azizah Tin Nur Jannah
    Kelas :C
    NIM : 18.11.2.149.097

    3. Usia sekolah (6-12 tahun)
    Masa usia (6-12 tahun) adalah periode ketika anak dianggap mulai dapat bertanggung jawab atas perilakunya sendiri, dalam hubungannya dengan orang tua mereka teman sebaya dan orang lain. Periode adalah saat emas dan sangat penting dalam mendorong pembentukan harga diri yang tinggi pada anak, dan harga diri tinggi yang terbentuk di periode ini akan menjadi modal anak untuk memasuki masa remaja dan tumbuh menjadi remaja yang lebih percaya diri.
    Usia 6-12 tahun juga sering disebut usia sekolah artinya sekolah menjadi pengalaman inti bagi anak usia ini, yang menjadi titik pusat perkembangan fisik, kognisi dan psikososial. Terimakasi��

    BalasHapus
  20. Nama : Masruah
    Kelas : C
    Nim : 18112149118

    21.Dewasa awal (18-25th)
    dimana sumber potensi dan kemampuan bertumpu pada usia ini. Masa ini adalah peralihan dari masa remaja yang masih dalam ketergantungan menuju masa dewasa, yang menuntut kemandirian dan di ujung fase ini adalah fase dewasa akhir, dimana kemampuan sedikit demi sedikit akan berkurang. Sehingga masa dewasa awal adalah masa yang paling penting dalam hidup seseorang dalam masa penelitian karir/pekerjaan/sumber penghasilan yang tetap.
    Masa ini juga adalah masa dimana kematangan emosi memegang peranan penting. Seseorang yang ada pada masa ini, harus bisa menempatkan dirinya pada situasi yang berbeda; problem rumah tangga, masalah pekerjaan, pengasuhan anak, hidup berkeluarga, menjadi warga masyarakat, pemimpin, suami/istri membutuhkan kestabilan emosi yang baik.

    BalasHapus
  21. Nama:Naneng
    Kelas:C
    Nim:18.11.2.149.122

    25.bayi&todler (0-2th)
    Di masa perkembangan anak usia 0-2 tahun merupakan tahap sensorimotor,perkembangan agama masih belum berkembang dengan baik,pada periode ini anak masih mengandalkan inderanya dalam merespon lingkungan sekitar.tetapi, berbagai macam ritual agama, seperti berdoa sebelum tidur atau makan sudah mulai dapat “diajarkan” pada periode ini,anak melihat orangtua berdoa sehingga nantinya anak akan terbiasa melihat dan menjadikannya sebagai suatu kebiasaan.
    Pada masa ini bayi juga belum memiliki moral atau agama,tentang benar dan salah, benar dan salah hanya berhubungan dengan dirinya sendiri.Pada tahap ini bayi merasa bahwa ia adalah pusat dari segalanya dan ia mengembangkan rasa benar dan salah berdasarkan pada normanya sendiri.
    Karena masih mengandalkan inderanya, maka dalam hal perkembangan agama di periode ini,orangtua merupakan peran penting bagi pembelajaran agama. Anak akan melihat bagaimana cara berdoa, sholat, memakai pakaian sholat, dsb. Anak juga mulai bisa didengarkan ayat-ayat suci qur’an ataupun doa-doa. Mereka juga sudah mulai bisa diajarkan tentang makna bersyukur melalui aktivitas makan, setelah dibelikan mainan,dsb.😉

    BalasHapus
  22. Nama: Retno Sulistiani
    Kelas : C
    NIM : 18.11.2.149.127

    28. Remaja (12-18 tahun)
    Remaja merupakan masa perlihan dari anak-anak ke dewasa. Pada masa ini terjadi perkembangan sikap tergantung cara beradaptasi.
    Pada tahap ini remaja sudah mengerti akan arti dan tujuan hidup,menggunakan kepercayaan dengan mencoba segala sesuatu dalam hidup yang terjadi secara alami, mereka biasanya bingung jika menemukan perilaku yang tidak konsisten.

    BalasHapus
  23. Nama:Ahmad Ulil Abshor
    NIM: 18.11.2.149.095
    Kelas:C

    01.bayi&todler (0-2th)
    Definisi konsep dasar spiritual yaitu keyakinan dalam hubunganya dengan tuhan yang maha esa.
    Sedangkan anak di usia 0-2th tidak memiliki rasa percaya dan keyakinan.
    Menurut Saya: pada tahap perkembangan anak di usia 0-2th bahwa rasa percaya dan keyakinan akan tumbuh dengan cara saling memberi dan menerima yang diritualisasikan dalam interaksi anak dan ibu atau keluarga di sekitar ruang lingkup anak ity

    BalasHapus
  24. Nama:Moh Kanzul fikri
    Nim:18112149119
    Kelas:c

    22 dewasa pertengahan (25-38)
    Dewasa pertengahan merupakan tahap perkembangan spiritual yang sudah benar benar mengetahui konsep yang benar dan yang salah.mereka menggunakan keyakinan moral agama etik sebagai dasar dari sistem nilai.mereka sudah merencanakan kehidupan mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan terhadap kepercayaan dan nilai spiritual.

    BalasHapus
  25. Nama:Dewi Gita Purnamasari
    Nim:18112149101
    Kelas:C
    7.Dewasa akhir (38-65 tahun)
    Bahwa lansia yang lebih dekat dengan agama menunjukkan tingkatan yang tinggi dalam hal kepuasan hidup, harga diri dan optimisme. Kebutuhan spiritual(keagamaan) sangat berperan memberikan ketenangan batiniah, khususnya bagi para lansia. Rasulullah bersabda"semua penyakit ada obatnya kecuali penyakit tua".Sehingga religiusitas atau penghayatan keagamaan besar pengaruhnya terhadapnya taraf kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

    BalasHapus
  26. Nama : Siti Nur Laila
    Nim : 18.11.2.149.133
    Kelas: C

    33. Bayi dan toddler (0-2 tahun)
    Perkembangan spiritual bayi dan toddler merupakan dasar dari perkembangan spiritual, baik dari kebutuhan dasarnya yang masih bergantung pada orang dewasa misalnya makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Pada masa ini ikatan dengan orang lain pun mulai terbentuk untuk pertama kalinya. Pada masa ini pula bayi dan toddler belum memiliki keyakinan tentang spiritual, dan seorang anak mulai mengembangkan kemampuannya untuk berbicara dan berjalan.

    BalasHapus
  27. Nama :Malinda Intan Yuana
    Kelas:C
    NIM :18112149117

    20.Remaja(12-18th)
    Perkembangan remaja pada usia 12-18 tahun merupakan suatu proses perubahan fisik,kongnitif dan emosional. Proses ini remaja usia 12-18 tahun biasanya mengembangkan sikap dan nilai yang mengarahkan pada suatu pilihan. Selain itu pada masa remaja sudah mulai tumbuh ke arah kematangan fisik maupun sosial-psikologis.
    Remaja usia 12-18 tahun biasanya harus menerima dan mencapai tingkah laku sosial tertentu yang bertanggung jawab di tengah-tengah masyarakat. Usia remaja sering mengalami pencapaian kebebasan emosional dari orang tua dan mulai cenderung menjadi diri sendiri.

    BalasHapus
  28. Nama: Tutut hidayati
    Nim: 18.11.2.149.138
    Kls: C

    37. Dewasa awal(18-25)
    Dimasa usia 18-25 adalah masa pencarian kemantapan dan masa reproduktif yaitu suatu masa yang penuh dengan masalah dan ketegangan an emosional,periode isolasi sosial,periode komitmen dan masa ketergantungan, perubahan nilai-nilai kreaktivitasan penyesuaian diri pada pola hidup yang baru.
    Mereka justru merasa tertantangan untuk membukukan dirinya sebagai seorang pribadi dewasa yang mandiri untuk mencari karir/pekerjaan yang menetap .

    BalasHapus
  29. Nama : Cornelia Ayu Kusuma Wardani
    NIM : 18.11.2.149.099
    Kelas : C

    5. Dewasa Awal (18-25 tahun)
    Pada tahap ini individu menjalani proses perkembangan dengan melanjutkan pencarian identitas spiritual, memikirkan untuk memilih nilai- nilai dan kepercayaan maka yang dipelajari saat anak –anak dan berusaha melaksanakan system kepercayaan sendiri.

    BalasHapus


  30. Nama : Izzah Fauziyyah
    Kelas: sem 2/c
    Nim: 18112149112
    Kasus no 17:

    perkembangan Sensori Motor (usia0-2tahun). Dalam tahap ini perkembangan panca indra sangat berpengaruh dalam diri anak. Keinginan terbesarnya adalah keinginan untuk menyentuh/memegang, karena didorong oleh keinginan untuk mengetahui reaksi dari perbuatannya.Dalam usia ini mereka belum mengerti akan motivasi dan senjata terbesarnya adalah 'menangis'.
    Menyampaikan cerita pada anak usia ini tidak dapat hanya sekedar dengan menggunakan gambar sebagai alat peraga, melainkan harus dengan sesuatu yang bergerak (panggung boneka akan sangat membantu). Masa 0-2 tahun merupakan masa ketergantungan seluruhnya pada orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Lambat laun anak ini menjadi lebih berdiri sendiri melalui belajar menguasai otot-ototnya sehingga ia dapat berjalan, berbicara, berpakaian dan bermain. Sejalan dengan kesanggupan untuk berdiri sendiri ini, berkembang pula sikap ingin bebas, ingin berdiri sendiri dan menolak pertolongan yang memanjakan.

    BalasHapus
  31. Nama : Diva ika noviani
    Kelas : C
    NIM : 18.11.2.149.103
    perkembangan spiritual anak (0-2) tahun adalah proses pertumbuhan, kematangan dan perubahan keyakinan dan kepercayaan seorang anak terhadap sesuatu kekuatan yang lebih agung yang ada di luar dirinya.

    BalasHapus
  32. Assalamu'alaikum wr wb
    Menurut saya pada perkembangan spiritual dewasa akhir (38-65 tahun) yaitu, setiap individu cenderung akan lebih mengenali siapa jati dirinya, menemukan arti dan tujuan hidupnya di dunia. Oleh karena itu setiap individu akan lebih megintropeksi diri dari awalnya yang kurang baik menjadi lebih baik lagi, dari segi spiritual maupun non spiritualnya, baik setiap individu sendiri akan mulai sadar akan lebih dekatnya dengan kematian dan tidak akan bisa mengetahui kapan itu terjadinya.
    Dari segi spiritualnya setiap individu akan lebih mendekatkan dirinya kepada Tuhan, lebih banyak beribadah, perbanyak berbuat kebaikan dll. Jadi orang-orang yang berada dalam tahap ini akan menyadari tujuan sebenernya dari kehidupannya di dunia.
    Sekian terima kasih,
    Wassalamualaikum wr wb

    Nama : Muh. Ali W
    Nim : 18.11.2.149.120
    Kelas : C

    BalasHapus
  33. Nama : Wahyu Ameliya
    NIM : 18112149139
    Krlas : C

    38. Dewasa pertengahan (25-38 th)
    Dewasa pertengahan merupakan tahap perkembangan spiritual yang sudah benar-benar mengetahui konsep yang benar dan salah. Mereka menggunakan keyakinan moral, agama, dan etika sebagai dasar dari sistem nilai.

    BalasHapus
  34. Nama : Devi Zunia Indah Sari
    NIM : 18.11.2.149.100 / IC

    06.Dewasa pertengahan (25-38 tahun)
    Dewasa pertenghan adalah tahap perkembangan spiritual yang sudah benar-benar mengetahui konsep yang benar dan yang salah,menggunakan keyakinan moral,agama dan etik sebagai dasar dari sistem nilai.Dan sudah merencanakan kehidupan, mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan terhadap kepercayaan dan nilai spiritual.

    BalasHapus
  35. Nama : Bagus ongky prasetyo utomo
    Nim : 18.11.2.149.098
    Kelas: C

    4. Remaja (12-18th)

    Kepercayaan remaja pada tahapan ini ditandai dengan kesadaran tentang simbolisme dan memiliki lebih dari satu cara untuk mengetahui kebenaran. Di masa ini, mereka semakin menyadari adanya kekecewaan spritual. Mereka mengatahui bahwa doa tidak selalu dikabulkan (setidaknya dalam istilah mereka sendiri) dan dapat mulai mengabaikan atau modifikasi beberapa praktek agama. Mereka mulai berfikir, untuk mempertanyakan beberapa standar keagamaan orang tua yang telah terbentuk dan meninggalkan atau modifikasi beberapa praktik keagamaan.

    BalasHapus
  36. Nama : Hafif Rihaldhi
    NIM : 18.11.2.149.108
    Kelas : IC

    13.Dewasa Awal (18-25 Tahun)

    Menurut saya pada tahap ini individu menjalani proses perkembangannya dengan melanjutkan pencarian identitas spiritual memikirkan untuk memilih nilai dan kepercayaan mereka yang di pelajari saat kanak-kanak dan berusaha melaksanakan sistem kepercayaan mereka sendiri-sendiri.

    Mohon Maaf Bu Hanim ini bukan email saya..
    Email saya Hafifrihaldhi@gmail.com

    Soalnya saya belum beli HP....v^_^

    BalasHapus
  37. Nama:
    Nin :
    Klas:

    19. Usia sekolah 6-12th

    Menurut saya, tahapan di usia tersebut perkembangan spiritualnya terjadi dari pengalaman meniru orang tuanya atau dari sekolahnya dan interaksi sosial dari anak itu sendiri, anak di usia tersebut biasanya sangat tertarik pada agama dan biasanya dapat menerima ketuhanan dan do'a kepada sang pencipta/yang maha kuasa

    BalasHapus
  38. Mohon maaf bu lupa ngasih nama
    Nama:m.heru.ep
    Nin :18.11.2.149.116
    Kelas:C

    Dan ini bukan email saya ,karena emai saya trobrl

    BalasHapus
  39. Nama:puang asmara
    Nim :18112149126
    Kelas:c
    Masa dimana mencari siapa dirinya ini dan mulai mencari cari apa yang ingin ia ketahui

    BalasHapus