Jumat, 24 Mei 2019

TUGAS PBDK SEMESTER II (DUA) B

MATERI KONSEP SPIRITUAL

Deskripsi Tugas
A. Kerjakan Tugas ini sesuai dengan nomor urut absen
B. Cara mengerjakan tugas langsung di kolom KOMENTAR
C. Tidak diperkenankan copy paste langsung dari punya teman yang sudah mengerjakan lebih dahulu
D. Waktu mengerjakan Tugas maksimal 24 Jam setelah Tugas ini di share kepada PJMK Kelas



BAGAIMANA PERKEMBANGAN SPIRITUAL PADA MASING-MASING KELOMPOK UMUR DIBAWAH INI:
1. Bayi & Toddler (0-2 th)
2. Prasekolah (3-6th)
3. Usia sekolah (6-12th)
4. Remaja (12-18th)
5. Dewasa awal (18-25th)
6. Dewasa pertengahan (25-38th)
7. Dewasa akhir (38-65th)
8. Lansia (>65th)
9. Bayi & Toddler (0-2 th)
10. Prasekolah (3-6th)
11. Usia sekolah (6-12th)
12. Remaja (12-18th)
13. Dewasa awal (18-25th)
14. Dewasa pertengahan (25-38th)
15. Dewasa akhir (38-65th)
16. Lansia (>65th)  
17. Bayi & Toddler (0-2 th)
18. Prasekolah (3-6th)
19. Usia sekolah (6-12th)
20. Remaja (12-18th)
21. Dewasa awal (18-25th)
22. Dewasa pertengahan (25-38th)
23. Dewasa akhir (38-65th)
24. Lansia (>65th)
25. Bayi & Toddler (0-2 th)
26. Prasekolah (3-6th)
27. Usia sekolah (6-12th)
28. Remaja (12-18th)
29. Dewasa awal (18-25th)
30. Dewasa pertengahan (25-38th)
31. Dewasa akhir (38-65th)
32. Lansia (>65th)
33. Bayi & Toddler (0-2 th)
34. Prasekolah (3-6th)
35. Usia sekolah (6-12th)
36. Remaja (12-18th)
37. Dewasa awal (18-25th)
38. Dewasa pertengahan (25-38th)
39. Dewasa akhir (38-65th)
40. Lansia (>65th)
41. Bayi & Toddler (0-2 th)
42. Prasekolah (3-6th)
43. Usia sekolah (6-12th)
44. Remaja (12-18th)
45. Dewasa awal (18-25th)
46. Dewasa pertengahan (25-38th)
47. Dewasa akhir (38-65th)
48. Lansia (>65th)

 -----------------------------SELAMAT MENGERJAKAN SEMOGA SUKSES----------------------------

54 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Feby Lutfiatur Rosda Absen 13 (Dewasa Awal)
    Pada saat manusia memasuki usia 18 - 25 tahun, individu lebih sibuk untuk mencari jati diri mereka, mendalami kejadian yang dahulu pernah dilakukan, dan individu sering mengabaikan nilai spiritual saat mencari jati diri mereka, bahkan terkadang melupakan nilai spiritual yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Misshella Ishmah Shabrina/18.11.2.149.072/B
    Absen no 25
    -Bayi & Toddler (0-12) th

    :Pada tahap ini mereka tidak memiliki konsep benar ataupun salah terhadap apa yang dia lakukan dan juga awal dari spiritual itu terbentuk dari interaksi nya terhadap orang terdekat ataupun ibunya.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Emalia nanda putri/ 18.11.2.149.058/B
    Usia sekolah (6-12thn)
    Menurut saya perkembangan spiritual pada usia sekolah adalah dimana anak dianggap mulai bisa bertanggung jawab dan mulai ada perkembangan fisik serta peningkatan kualitas pada anak

    BalasHapus
  7. Emalia nanda putri/ 18.11.2.149.058/B
    Usia sekolah (6-12thn)
    Menurut saya perkembangan spiritual pada usia sekolah adalah dimana anak dianggap mulai bisa bertanggung jawab dan mulai ada perkembangan fisik serta peningkatan kualitas pada anak

    BalasHapus
  8. Siti uswatun khasanah/18.11.2.149.087/B
    No.Absen 40
    -lansia (>65)th

    Pada lansia perkembangan spiritualnya dapat dikatakan menurun atau bahkan meningkat.
    Dikatakan menurun karena dipengaruhi oleh faktor kesehatan mereka yang juga semakin menurun sehingga ketika beraktivitas mereka mengalami kesulitan.
    Atau bahkan dapat dikatakan meningkat karena dipengaruhi oleh faktor lansia yang takut akan kematian dan juga memiliki banyak waktu untuk meningkatkan spiritualnya.

    Tetapi sebagian besar lansia untuk perkembangan spiritualnya semakin meningkat, karena faktor usia yang sudah dekat dengan kematian dan aktivitas mereka yang terbatas, mengingat hal tersebut maka para lansia semakin meningkatkan spiritualnya untuk menghabiskan waktunya dan juga agar diampuni segala dosanya sehingga selamat diakhirat kelak.

    Terimakasih

    BalasHapus
  9. Emalia nanda putri/ 18.11.2.149.058/B
    Usia sekolah (6-12thn)
    Menurut saya perkembangan spiritual pada usia sekolah adalah dimana anak dianggap mulai bisa bertanggung jawab dan mulai ada perkembangan fisik serta peningkatan kualitas pada anak

    BalasHapus
  10. Pidiya ayu lestari/18.11.2.149.079/B
    32.-Lansia(>65)thn

    pada lansia kegiatan keagamaan dan spritualitasnya berkurang atau bahkan meningkat, aktivitas keagamaan lansia yang merupakan bagian dari spiritual berkurang karena faktor kesehatan fisik yang menurun atau bahkan meningkat karena lansia takut akan kematian.

    BalasHapus
  11. Dwi Yuniar Fijril Nikmah/18.11.2.149.057
    Prasekolah (3-6th)
    Menurut saya,perkembangan spiritual pada masa prasekolah dimulai dengan memahami kebutuhan sosial, norma dan harapan serta berusaha menyesuaikan dengan norma keluarga.

    BalasHapus
  12. FIRDA NADIYA (NIM: 18112149061)
    No absen (14)
    dewasa pertengahan usia 18-25 tahun

    Dewasa pertengahan merupakan tahap perkembangan spiritual yang sudah benar benar mengetahui konsep yang benar dan yang salah mereka menggunakan keyakinan moral agama dan etik sebagai dasar dari sistem nilai, mereka sudah merencanakan kehidupan mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan terhadap kepercayaan dan nilai spiritual

    BalasHapus
  13. Dhea Zuliana/18.11.2.149.055
    Lansia (>65th)
    Menurut saya. Pada perkembangan lansia adalah meningkatnya spiritual karena dari faktor usia yang dekat dengan kematian dari itu lansia semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT supaya di ampuni segala dosa dan mendapat ridhonya di dunia dan akhirat.

    BalasHapus
  14. Sri sudarwati (18.11.2.149.088)
    No. Abs :41


    Bayi & toddler(0-2th)

    Menurut saya perkembangan spiritual pada bayi & toddler adalah tentang belajar dengan cara pengetahuan yaitu dengan cara reaksi atau pembicaraan dari setiap orang ( orang tua) , pada orang tua merasakan aman pada bayi itu masa toddler.

    BalasHapus
  15. Salmia/18.11.2.149.083
    (Remaja 12-18th)
    Pada masa ini remaja adalah masa dimana keluar dari masa transisi kanak-kanak. Pada masa ini juga di mana remaja harus memutuskan Siapakah dirinya, bagaimanakah dirinya, dan tujuan apa yang hendak diraihnya. Ketika remaja ada masalah romantik, remaja tersebut bisa depresi khususnya remaja perempuan. Biasanya mereka akan melakukan tindakan bunuh diri. Tindakan bunuh diri jarang terjadi pada anak², meningkat ketika remaja, dan semakin tinggi ketika menjelang dewasa.

    BalasHapus
  16. Nabila Pertami (18.11.2.149.074)
    No.Abs 27

    Usia sekolah (6-12th)

    Menurut saya perkembangan spiritual pada anak usia sekolah,adalah proses pertumbuhan, pematangan dan perubahan kepercayaan akan adannya kekuatan luar biasa pada TUHAN dalam diri anak.
    Pada masa perkembangan ini sebagian besar anak anak sangat tertarik pada agama.

    BalasHapus
  17. Serly Happy Firdayanti (18.11.2.149.084)
    No.Absen 37

    Dewasa awal (18-25th)

    Menurut saya perkembangan spiritual pada masa dewasa awal ini individu cenderung menjalani proses perkembangannya dengan melanjutkan pencarian identitas spiritual. Mereka memikirkan apa yang dipelajari saat anak-anak dan berusaha melaksanakan dengan sistem kepercayaan mereka sendiri. Pada usia ini mereka lebih banyak memudahkan hidup walaupun tidak memungkiri bahwa mereka sudah dewasa.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Rika safitri (18.11.2.149.081)
    No. Absen 34

    Prasekolah (3-6 th)
    Menurut saya Perkembangan spiritual pada prasekolah mulai memahami kebutuhan sosial, norma dan serta berusaha menyesuaikan dengan norma keluarga. Anak membandingkan norma yang dimiliki keluarganya dengan norma keluarga lain.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Tri yoni maindhun hariyanti (18.11.2.149.091)
    Absen : 44
    -Remaja (12-18th)

    Menurut saya, Pada masa remaja ini individu sudah mencapai perkembangan yang lebih mendekati masa dewasa,mulai mengurangi nilai tentang penampilan dan lebih menekankan pada nilai kepribadian.Tetapi masa ini penuh dengan emosi dan tingkat kelabilan yang sangat tinggi,Namun emosi ini juga bermanfaat dalam menemukan identitas diri dan reaksi orang-orang disekitarnya akan menjadi pengalaman belajar bagi si remaja ini untuk menentukan tindakan apa yang akan dilakukan. Adakalanya mereka dapat bingung ketika menemukan perilaku dan model orang yang tidak konsisten.
    Terimakasih

    BalasHapus
  22. Riski ayu andrayani (18.11.2.149.082)
    No absen 35

    Usia skolah (6-12thn)

    Perkembangan spiritual pada anak usia sekolah (6-12 tahun) dapat dilihat dari kemampuannya brtanggung jawab atas perilakunya terhadap lingkungan sekolah dan lingkungan sepermainannya. Tanggungjawab tersebut meliputi hal-hal sederhana yang dapat membentuk jati dirinya. Contohnya seperti kemampuannya bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas sekolah maupun pekerjaan ringan dirumah untuk membantu orang tua.
    Periode umur 6-12 thn merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak (prasekolah) menuju masa remaja, dimana dalam masa tersebut anak akan mengalami hal-hal baru dalam hidupnya dan sangat membutuhkan dampingan orang tua.

    BalasHapus
  23. Siti Inawati (18.11.2.149.085)
    No. Absen : 38
    -Dewasa Pertengahan (25-38th)

    Menurut saya pada usia ini spiritual
    sebagai sumber kesenangan dan kebahagiaan yang lebih besar dari pada
    yang pernah diperoleh dulu sewaktu usianya masih muda.
    Pada masa ini, kematangan spiritual dan moral mendorong
    individu untuk mengasihi dan melayani orang lain dengan baik. Sudah mengetahui mana yang benar dan salah,
    Seseorang yang telah berkembang pertumbuhan moral dan spiritualnya
    akan lebih pandai dan lebih tenang dalam menghadapi berbagai masalah
    dan kesulitan hidup yang menimpa dirinya.

    BalasHapus
  24. Nama : nur fitri hidayati (18.11.2.149.078)
    No absen: 31

    Periode di perkembangan pada tahap ini digunakan untuk instropeksi dan mengkaji kembali dimensi spiritual, kemampuan nintropeksi sama baik dengan dimensi yang lain dan diri individu tersebut biasanya kebanyakan spiritual meningkat.

    BalasHapus
  25. Anita shofyanti (18.11.2.149.050)
    No.Absen: 3
    Usia sekolah (6-12thn)

    Pada anak usia sekolah sudah dapat berfikir konkrit, mereka juga sudah dapat menggunakan konsep abstrak untuk memahami gambaran dan makna spiritual juga agama mereka.pada usia ini juga minat bakat anak sudah dapat terlihat dengan munculnya ide setiap harinya baik disekolah maupun saat dirumah, anak juga mulai dapat bertanggung jawab atas perilakunya dan juga pembentukan harga diri pada usia ini sangat penting untuk bekal memasuki usia remaja supaya menjadi remaja yang lebih percaya diri dan bertanggung jawab.

    Dalam usia ini bimbingan orang tua juga masih sangat di butuhkan untuk memberi arahan apa bila anak belum mengerti atau salah dalam pergaulan saat di sekolah maupin saat bermain teman sebayanya

    BalasHapus
  26. Khofifah indar febianti (18.11.2.149.066)/ B
    Absen : 19

    Usia sekolah (6-12 tahun).
    Masa tersebut adalah masa dimana anak sudah mulai dapat bertanggung jawab atas perilakunya, makna spiritual, dan memahami agama mereka. Dapat juga memahami perilaku orang tuanya maupun teman-temannya di sekolah.
    Periode umur 6-12 tahun sangat memiliki semangat belajar yang tinggi dan sudah membentuk perilaku yang baik untuk modal masa remajanya agar dapat berperilaku sopan santun terhadap semua orang di sekitarnya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  27. Nama:lia farikhatul hidayah
    absen:21 (B)
    Perkembangan spiritual dewasa awal(18-25)

    Perkembangan spiritual dewasa awal yaitu dimana fase usia kita antara 18 samapi 25 yang tepat saya alami saat ini. Usia saya sekarang 20th. Dari yang saya rasa pada fese ini saya lebih menikmati hari-hari yang saya jalani, dan berhubung sekarang bulan puasa sekarang saya lebih senang menikmati buka bersama dg keluarga, membantu ibu saya, dan mengikuti jamaah sholat tarawih, untuk acara buber saya kurang antusias. Berbeda dengan bulan puasa tahun lalu, dulu saya sering sekali melakukan buka bersama dg teman-teman lalu pulang bisa samapi pukul 21.00 dan saat itu saya masih sering sekali mudah terpancing emosi.
    Jadi disini saya bisa menemukan perubahan sikap dan pola pikir baru pada diri saya, saya yang sekarang lebih menikamati keadaan di sekeliling saya dan satu lagi saya sekarang lebih senang belajar masak 😅
    Oh ya satu lagi yang sering saya bicarakan dengan teman saya pada usia ini biasanya seorang anak sudah cukup malu untuk sering-sering minta uang pada orang tua karena pada usia ini kita sudah bisa dibilang dewasa, (untuk anak kuliahan) mau cari kerja tapi juga bingung memikirkan membagi waktu antara kuliah dan kerja,jadi yha terpaksa harus pinter-pinter mengelola uang saku deh... 😂hidup oh hiduppp

    Jadi sedikit curhat😁
    Sekian dan tetimakasih

    BalasHapus
  28. is indah susilowati
    17
    bayi dan toddler (0-2 th)

    Tahap perkembangan ini menekankan periode masa bayi ketika anak tidak memiliki konsep benar atau salah, tidak memiliki keyakinan, dan tidak ada keyakinan yang membimbing prilaku mereka.
    Arnold Gessel mengatakan bahwa anak pada usia 0-2 tahun punya perasaan ketuhanan. Dan hendaknya anak pada masa ini diperkenalkan pendidikan, misalnya dengan menunjukan gambar-gambar atau amalan-amalan yang bersifat keagamaan.

    BalasHapus
  29. Ernita Fitriani (18.11.2.149.059)
    Absen : 12

    Remaja (12-18 tahun)

    Manusia itu terdiri dari dimensi fisik, emosi dan sosial dimana setiap dimensi harus di penuhi kebutuhannya.
    Pada tahap individu ini remaja sudah mengerti akan arti dan tujuannya, misal,, menggunakan pengetahuan untuk mengambil keputusan. Kepercayaan yang berkembang dalam hidup.

    Secara alami, mereka akan bingung ketika menemukan perilaku yang tidak konsisten. Pada tahap ini kepercayaan paling tinggi perannya daripada keluarga.
    Bagi orang tua ini merupakan tahap paling tinggi karena orang tua akan melepas otoritasnya dan membuat anak untuk bertanggung jawab. Biasannya akan sering terjadi konflik yang muncul antara anak dan orang tua.

    BalasHapus
  30. Ernita Fitriani (18.11.2.149.059)
    Absen : 12

    Remaja (12-18 tahun)

    Manusia itu terdiri dari dimensi fisik, emosi dan sosial dimana setiap dimensi harus di penuhi kebutuhannya.
    Pada tahap individu ini remaja sudah mengerti akan arti dan tujuannya, misal,, menggunakan pengetahuan untuk mengambil keputusan. Kepercayaan yang berkembang dalam hidup.

    Secara alami, mereka akan bingung ketika menemukan perilaku yang tidak konsisten. Pada tahap ini kepercayaan paling tinggi perannya daripada keluarga.
    Bagi orang tua ini merupakan tahap paling tinggi karena orang tua akan melepas otoritasnya dan membuat anak untuk bertanggung jawab. Biasannya akan sering terjadi konflik yang muncul antara anak dan orang tua.

    BalasHapus
  31. Azza Kharisma Berliana/18.11.2.149.051/B
    Remaja (12-18th) adalah masa peralihan dimana seseorang mencari jati dirinya, ditandai dengan proses pematangan fisik dan psikis. Masa dimana hidup/berjalan mulai belajar dari pengalaman, belajar tidak mengulangi kesalahan yang lampau.

    BalasHapus
  32. Nama : Novinda Imarotun Nafisah
    NIM : 18.11.2.149.077

    (DEWASA PERYENGAHAN -> 25-38)
    Dewasa pertengahan merupakan tahap perkembangan spiritual yang sudah benar-benar mengetahui konsep yang benar dan yang salah, mereka menggunakan keyakinan moral, agama dan etik sebagai dasar dari sistem nilai. Mereka sudah merencanakan kehidupan, mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan terhadap kepercayaan dan nilai spiritual.

    BalasHapus
  33. Nama : Idris yasin (18.11.2.149.062)
    No.absen : 15

    Dewasa akhir(38-65thn)
    Pada masa ini, seseorang memasuki kehidupan yang lebih luas. Pola dan tingkah laku sosial orang dewasa berbeda dari orang yang lebih muda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh peristiwa-peristiwa kehidupan yang dihubungkan dengan keluarga dan pekerjaan. Selama periode ini orang melibatkan diri secara khusus dalam karir, pernikahan, dan hidup berkeluarga.

    BalasHapus
  34. Nama : Ita Rahmatus Shafira
    NIM : 18.11.2.149.065
    No.Absen : 18

    Pada usia prasekolah (3
    -6 tahun) merupakan perkembangan tahap utama untuk meniru orang lain. Dominannya pada usia tersebut anak meniru moral dan keyakinan orang tua sebagai bagian dari kehidupan mereka sehari-hari bukan atas dasar pemahaman mengenai konsep dasarnya, tetapi mulai berfikir konkrit mengenai spiritual. Melalui cara meniru kepercayaan orang dewasa, anak kemudian berhasil merangsang, membentuk, menyalurkan, dan mengarahkan perhatian spontan serta bayangan atau gambaran tentang Tuhannya.

    BalasHapus
  35. SUSILO UTOMO
    NIM.18.11.2.149.089
    ABSN.42
    Anak usia 3-6th
    pada masa ini anak mencoba memahami tentang bagaimana menyesuaikan diri dengan keluarga dan mulai faham tentang norma keluarganya.
    Dalan pembelajaran/prasekolah anak usia ini mulai memahami tentang perananya

    BalasHapus
  36. Nama : AGUNG FAKHRUDDIN
    NIM : 18.11.2.149.048
    Kelas: B semester 2
    Absen: 01

    BAYI DAN TODDLER (0-2thn)

    Pada perkembangan ini sangat menentukan bayi ketika anak tidak memiliki kebenaran ataupun kesalahan, serta tidak ada yang membimbing perilakunya. Maka dari itu awal keimanan nya terbentuk dari pengembangan rasa percaya dasar melalui hubungan dengan pemberi asuhan primer. Bisa di katakan bahwa rasa percaya tersebut tumbuh dari pengalaman reaksi mutual. Yaitu berupa saling memberi maupun menerima apa yang di ritualisasikan dalam interaksi antara si anak dan pengasuhnya.

    BalasHapus
  37. Nama : Kiki aprilia rohmah
    Nim : 18.11.2.149.067
    Kelas: B
    Absen: 20

    Remaja (12-18th)

    Pada tahap ini individu sudah mengerti akan arti dan tujuan hidup, Menggunakan pengetahuan misalnya untuk mengambil keputusan saat ini dan yang akan datang. Kepercayaan berkembang dengan mencoba dalam hidup. Remaja menguji nilai dan kepercayaan orang tua mereka dan dapat menolak atau menerimanya. Secara alami, mereka dapat bingung ketika menemukan perilaku dan role model yang tidak konsisten. Pada tahap ini kepercayaan pada kelompok paling tinggi perannya daripada keluarga. Tetapi keyakinan yang diambil dari orang lain biasanya lebih mirip dengan keluarga, walaupun mereka protes dan memberontak saat remaja. Bagi orang tua ini merupakan tahap paling sulit karena orang tua melepas otoritasnya dan membimbing anak untuk bertanggung jawab.

    BalasHapus
  38. Nama : Maslakatul amma
    Nim : 18.11.2.149.071
    No absen : 24
    Kelas : B
    Lansia >65th
    Fase ini adalah fase dimana seseorang mengalami penurunan fisik dan psikis, sehingga lansia tidak bisa melaksanakan fungsi sosial di masyarakat secara optimal.
    Nah pada fase ini lansia tidak dapat mengatasi masalah-masalah spiritualnya. Maka biasanya di adakan penyuluh agama Islam di balai-balai pelayanan, hal itu bertujuan agar para lansia dapat mendapatkan pendidikan dan motifasi untuk kelangsungan hidupnya.

    BalasHapus
  39. Mu'afi Alif Farichin
    18.11.2.149.073
    No. Absen 26

    Prasekolah (3-6 th)
    Menurut saya anak usia prasekolah mulai memahami dan menyesuaikan tentang kebutuhan dasar spiritual, kebutuhan spiritual ini harus diperhatikan karena anak sudah mulai berpikiran dinamis mengenai tuhan dan harus mulai diberi penjelasan mendalam mengenai tuhan dalam kebutuhan spiritualnya agar dikemudian nanti bisa lebih paham.

    BalasHapus
  40. Nama : Malik Bahruddin
    Nim : 18.11.2.149.070
    Kelas : B
    No absen : 23

    Dewasa akhir (38-65)
    Masa dewasa akhir merupakan masa lanjutan atau masa dewasa akhir (60 ke atas).Pada dewasa akhir perubahan dalam pencernaan merupakan perubahan dalam fungsi pengaturan pencernaan.Akibat perubahan fisik yang semakin menua maka perubahan ini akan berpengaruh terhadap peran dan hubungan dirinya dengan lingkungannya.Keadaan ini mengakibatkan interaksi sosial menurun, baik secara kualitas maupun kuantitasnya sehingga secara perlah mengakibatkan terjadinya kehilangan peran ditengah masyarakat, hambatan kontak fisik dan berkurangnya komitmen.

    BalasHapus
  41. Vivi lidya
    18.11.2.149.92
    No.Absen: 457

    Dewasa awal (18-25th)
    Pada tahap ini individu menjalani proses perkembangannya dengan melanjutkan pencarian identitas spiritual, memikirkan untuk memilih nilai dan kepercayaan mereka yang dipelajari saaat kanak-kanak dan berusaha melaksanakan sistem kepercayaan mereka sendiri. Spiritual bukan merupakan perhatian utama pada usia ini, mereka lebih banyak memudahkan hidup walaupun mereka tidak memungkiri bahwa mereka sudah dewasa.

    BalasHapus

  42. Yudshi Cesar D.O
    (18.11.2.149.093)
    No.Absen 46

    Dewasa Pertengahan (25-38)

    Menurut referensi yang saya baca (Danial G;1999) pada fase ini,merupakan tahap perkembangan spiritual yang sudah benar-benar mengetahui konsep yang benar dan yang salah. Jadi saya bisa menarik kesimpulan bahwasanya pade fase ini,mereka sudah mempunyai landasan atau dasar yang kuat sehingga apa yang mereka lakukan sudah terprogresif,pada fase ini mereka sudah bisa dikatakan dewasa,sebab mereka sudah mampu merencanakan kehidupqn dan mampu mengevaluasi segala hal yang sudah mereka kerjakan terhadap spiritual dan nilai spiritual.

    BalasHapus
  43. Nama : zunika Silvia
    Nim. : 18.11.2.149.094
    No.absen :47

    Dewasa akhir ( 38-65 th )
    menurut saya pada dewasa akhir periode perkembangan spiritual pada tahap ini digunakan untuk introspeksi dan mengkaji kembali spiritual, biasanya kebanyakan pada tahap ini kebutuhan ritual spiritual meningkat dan kemunduran kemampuan mental merupakan bagian dari proses penuaan organisme secara umum.

    BalasHapus
  44. Aldila Nindia Dwi Utami (18.11.2.149.049)

    (Usia 3-6 tahun/prasekolah)

    Menurut saya perkembangan spiritual pada masa ini sering di sebut golden child dimana individu berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang unik. Individu sangat aktif, cepat tanggap dan cepat menyerap apa yang diperolehnya. Rasa keingin tahuan yang sangat besar dan mempunyai kreativitas yang tinggi. Seperti individu sering meniru kebiasaan orang tua dan meniru kepercayaan orang tuanya tentang bagaimana gambaran tentang Tuhannya.

    BalasHapus
  45. M syaiful rizal (18.11.2.149.069)

    Dewasa pertengahan ( 25-38 tahun)
    Menurut saya Dewasa pertengahan merupakan tahap perkembangan spiritual yang sudah benar-benar mengetahui konsep yang benar dan salah. Mereka menggunakan keyakinan moral, agama dan etika sebagai dasar dari system nilai.

    BalasHapus
  46. Devi wulandari 18.11.2.149.053
    Kelas B no apsen 06
    Dewasa pertengahan

    Pada masa Usia dewasa tengah Beberapa karakter manusia pada usia dewasa tengah adalah masa dimana terjadinya penurunan kemampuan fisik dan peningkatan tangung jawab, suatu titik ketika individu berusaha meneruskan sesuatu yang berarti pada generasi berikutnya, dan suatu masa ketika orang mencapai dan mempertahankan kepuasan dalam karir dalam hidupnya.

    BalasHapus
  47. Dewi Candra Meinina
    18.11.2.149.054
    07

    Dewasa Akhir (38-65th)

    Pada masa ini, orang menjadi semakin sadar tentang batasan akal dan perilakunya karena mereka menjadi panutan untuk yang lebih muda (anak/cucu). Mereka sering menghadapi konflik antara memenuhi kebutuhan untuk diri sendiri atau berkorban untuk orang lain. Mereka dapat memahami dan menerima lebih dalam suatu peristiwa karena bekal iman yang mereka miliki sebelumnya.
    Mengartikan makana hidup yang dijalani dan mampung memandang kebenaran dan kesalahan dari berbagai sudut pandang yang berberda.
    Mereka mencoba lebih mendekatkan diri dengan Tuhan, karena mereka sadar akan kematian.

    BalasHapus
  48. Nama : syahidah syarisah
    Nim:181011149090
    Usia sekolah (6-12thn)
    Berfikir secara konkrit, tetapi mereka sudah dapat menggunakan konsep abstrak memahami gambaran dan makna spiritual dan agama mereka. Minat anak sudah mulai ditunjukan dalam sebuah ide dan anak dapat berdiskusi dan menjelaskan apakah keyakinan.

    BalasHapus
  49. Nama:qulil Haq wazakirillah
    Nim :18.11.2.149.080
    Kelas: B

    Pada tahap perkembangan ini anak belum memiliki konsep benar atau salah dalam menentukan keputusan dan tindak memiliki keyakinan.

    Menurut pendapat beberapa ahli anak pada usia 0-2 tahun memiliki rasa ketuhanan dan rasa ingin tahu yang tinggi sebaiknya anak pada usia ini dapat di perkenalkan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan yang bersifat positif.

    BalasHapus
  50. Nama:evi khumaidah
    Nim :18.11.2.149.106
    Kelas :C
    Pada tahap periode umur sekolah(6-12 tahun)umur sekolah artinya sekolah menjadi pengalaman inti anak anak usia ini, yang menjadi titik pusat perkembangan fisik, kogninisi dan psikososial,dan juga anak dalam fase ini sudah dianggap mulai dapat bertanggung jawab atas perilakunya sendiri, dalam hubungannya dengan orang tua mereka, teman sebaya, dan orang orang lain.

    BalasHapus
  51. Nama: Rohmatus So'ima
    Nim: 18.11.2.149.129
    Kelas:C

    Menurut refrensi yang saya baca padaptahap pertenghan merupakan tahap perkembangan spiritual yang sudah benar-benar mengetahui konsep yang benar dan yang salah, mereka menggunakan keyakinan moral, agama dan etik sebagai dasar dari sistem niali. Mereka sudah merencanakan kehidupan, mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan terhadap kepercayaan dan nilai spiritual. Serta menambah semangay untuk mencapai apa yang telah di inginkan .

    BalasHapus
  52. Nama : yusuf baharudin
    Kelas : C
    Nim : 18.11.2.149.140


    Menurut saya periode dewasa akhir perubahan intelektual pada umumnya orang percaya bahwa proses belajr memori dan intelegensi mengalami kemerosotan bersama dengan terus bertambahnya usia kecepatan dalam memproses informasi mengalami pemurunan pada masa dewasa akhir

    BalasHapus